KPDK DKC Jakarta Pusat 2021 dibuka secara langsung oleh Ketua Kwarcab Jakarta Pusat Kak Yadi Rusmayadi.

Dewan Kerja Cabang Jakarta Pusat mengadakan Kursus Pengelolaan Dewan Kerja (KPDK) Tahun 2021 yang dilaksanakan selama 4 hari,yakni pada 30 Juli – 1 Agustus 2021, dan 8 Agustus 2021.

Yang menarik dari kegiatan ini adalah metode pelaksanaan secara “hybrid” atau mix and blanded yaitu online dan offline zonasi, yang didampingi langsung oleh mentor serta diisi oleh 8 narasumber terbaik versi Kwarcab Jakarta Pusat.

Pusat pelaksanaan KPDK DKC Jakarta Pusat 2021 online dilaksanakan di Sanggar Bakti Kwartir Cabang Jakarta Pusat dan berlangsung offline zonasi di setiap ranting yang ada di Jakarta Pusat, diikuti oleh 47 peserta yang berasal dari 8 kwartir ranting se-Jakarta Pusat.

Kegiatan KPDK DKC Jakarta Pusat 2021 mengusung tema “Dewan Kerja Se-Jakarta Pusat Bersatu Untuk Bangkit”. Tema ini diusung oleh latar belakangi kondisi Dewan Kerja yang tidak aktif sejak pandemi COVID-19, agar kembali memiliki semangat yang satu untuk Jakarta Pusat Bangkit.

KPDK DKC Jakarta Pusat 2021 dibuka secara langsung oleh Ketua Kwarcab Jakarta Pusat Kak Yadi Rusmayadi.

Pada kesempatan tersebut Ka Kwarcab mengajak seluruh peserta kursus membantu mensukseskan program pemerintah yaitu vaksinasi usia 12-17 tahun.

“Saya juga berharap dengan motor adik-adik Dewan Kerja, Penegak-Pandega se-Jakarta Pusat menjadi Duta Perubahan Perilaku, program yang digagas oleh pemerintah untuk mengedukasi masyarakat terkait pencegahan COVID-19 dengan turun langsung misalnya ke pasar tradisional dan mengedukasi para pedagang kaki lima,” ujar Kak Yadi Rusmayadi.

Peserta KPDK DKC Jakarta Pusat 2021 mendapatkan 10 materi selama 4 hari pelaksanaan seperti postur pramuka penegak dan pandega megapolitan, dan fundamental gerakan pramuka.

Selain itu juga materi apa, siapa dan bagaimana dewan kerja, syarat dan ketentuan sebagai dewan kerja, hubungan kerja dan pengorganisasian dewan kerja, perencanaan dan pelaporan kegiatan, papat dan persidangan dewan kerja.

Tidak ketingagalan fungsi manajemen dan dewan kerja, standar operasional prosedur, hubungan eksternal dewan kerja, dan muatan lokal.

****

Penulis dan Foto: Dafa Iqbal

Share and Enjoy !