WhatsApp Image 2021-08-28 at 07.38.25

JAKARTA – Delegasi Konferensi Kepanduan Dunia ke-42 Tahun 2021 berhasil memilih 12 Anggota Komite Kepanduan Dunia atau World Scout Committee (WSC)
untuk masa bakti 2021-2024.

Dilamsir dari laman Scout.org edisi 27 Agustus 2021, Pemungutan suara berlangsung pada 26-27 Agustus 2021 setelah 25 orang kandidat yang mengajukan pencalonannya di Konferensi Kepanduan Dunia. Mereka adalah mewakili 172 Organisasi Kepanduan Nasional.

Kandidat tahun ini mencerminkan keragaman Gerakan Pramuka dunia dan termasuk jumlah kandidat terbesar yang pernah mencalonkan diri untuk pemilihan Anggota Komite Kepanduan Dunia.

Dijelas dalam laman tersebut World Scout Committee (WSC) adalah “dewan” Organisasi Gerakan Pramuka dunia (WOSM). Ini adalah salah satu dari tiga badan konstitusi WOSM, di samping Konferensi Kepanduan Dunia dan Biro Kepanduan Dunia. Komite Kepanduan Dunia bertanggung jawab atas pelaksanaan keputusan Konferensi Kepanduan Dunia dan untuk bertindak atas namanya di antara pertemuan-pertemuannya.

Dari 25 kandidat yang diajukan oleh Organisasi Anggota, 12 orang terpilih sebagai Anggota Komite Kapanduan Dunia berikut asal negaranya, yaitu:

  1. Mr Mehdi Ben Khelil, Tunisia
  2. Tuan Edward Andrew “Andy” Chapman, Amerika Serikat
  3. Mr Mori Chi-Kin Cheng, Hong Kong
  4. Tuan Wayne Adrian Davis, Ethiopia
  5. Mr Jo Deman, Belgia
  6. Nona Nika Gorovska, Ukraina
  7. Ms Pia Melin Graasbøll, Denmark
  8. Ibu Sarah Rita Kattan, Lebanon
  9. Tuan Eun Gui Kim, Republik Korea
  10. Ibu Daiana Neil, Argentina
  11. Christine “Chrissy” Pollithy, Jerman
  12. Tuan Juan Reig, Spanyol

Sesuai dengan ketentuan konstitusi WOSM, mandat WSC dimulai pada penutupan Konferensi Kepanduan Dunia ke-42 dan akan berakhir pada penutupan Konferensi Kepanduan Dunia ke-43 tahun 2024 mendatang.

***

Penulis: Tim Scout.org, Editor: Saiko Damai
Fotografer: Tim Scout.org

Share and Enjoy !