WhatsApp-Image-2021-06-27-at-6.11.41-AM

PURWOKERTO – Kodim 0701/Banyumas menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Dasar bagi calon anggota Saka Wira Kartika Kodim 0701/Bms Angkatan XIV Sabtu (26/06/2021), di lapangan apel Kodim 0701/Banyumas Jl. Jenderal Soedirman No. 204 Purwokerto. Kegiatan dibuka oleh Pasi Ter Kodim 0701/Banyumas, Kapten Inf Putut Widodo dengan ditandai penyematan pita kepada perwakilan peserta. Pendidikan diikuti 22 orang para calon anggota.

Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra, S.E., M.I.Pol dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pasiter, Kapten Inf Putut Widodo mengatakan bahwa Kodim 0701/Bms terus memperkuat pembinaan generasi muda di wilayah Kabupaten Banyumas melalui pendidikan dan pelatihan dasar. Menurutnya diksar digelar dengan tujuan untuk memberikan bekal agar calon anggota Satuan Karya Wira Kartika Kodim 0701/Banyumas agar memiliki sikap kedisiplinan, tanggung jawab dan budi pekerti luhur.

“Gerakan Pramuka sebagai organisasi kepanduan memiliki andil dalam membangun tunas-tunas muda yang memiliki watak, kepribadian, karakter dan jati diri bangsa yang kukuh. Mewujudkan bangsa yang berkarakter dan bermartabat memang harus dimulai sejak dini. Gerakan Pramuka dapat menjadi wadah untuk membangun karakter bangsa yang luhur dan mulia,” katanya

Dimasa pandemi Covid-19 ini, Dandim berharap Saka Wira Kartika bisa menjadi pelopor di masyarakat untuk selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan dalam menjalankan semua kegiatan dengan 5 M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Hal itu dilakukan agar bangsa Indonesia khususnya di Kabupaten Banyumas terhindar dari Covid-19.

“Diksar juga sebagai sarana orientasi dan adaptasi kegiatan kesakaan kepada calon anggota Saka Wira Kartika sehingga secara mental dan fisik mereka akan siap untuk melaksanakan dan mengikuti kegiatan kedepan,” lanjutnya

Kegiatan Diksar diisi dengan Relly Krida antara lain Krida Navrat yaitu praktek kompas siang, Krida Mountenering yaitu rayapan tali satu, Krida Penangulangan bencana alam yaitu cara evakuasi korban dengan tandu, Krida Pionering berupa simpul dasar dan Praktek Survivel memasak dengan kompor darurat.

Kegiatan diakhiri dengan Musyawarah Satuan Karya Pramuka Wira Kartika yang dihadiri oleh 50 perserta terdiri dari anggota Pramuka Saka Wira Kartika, Pamong Saka dan Pembina. Pada Musaka ini terpilih Raida Sulistiya dari Ambalan Sunan Kalijaga Dewi Masitoh pangkalan MAN 2 Banyumas. (Sd.pusinfo.KN)

*

*

*

Teks : Parsito
Foto : Saka Wira Kartika Kodim 0701 Banyumas

Share and Enjoy !