WhatsApp-Image-2021-06-17-at-10.32.11-AM

JAKARTA – Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso meminta kepada Kak Yuniar Ludfi sebagai Wakil Ketua/Kakom
Saka, Sako dan Gugusdarma Kwarnas Gerakan Pramuka untuk fokus melakukan pembinaan perkembangan Saka secara berkesinambungan, sehingga semuanya aktif berkegiatan.

“Jangan lagi ada Satuan Karya Pramuka yang hanya aktif sesekali menjelang kegiatan besar, lalu kemudian menjadi pasif kembali”, tegas Kak Budi Waseso saat melantik Kak Mayjen TNI (Mar) (Purn) Yuniar Ludfi sebagai Waka Kwarnas/Ketua Komisi Saka, Sako dan Gugusdarma, Kamis (17/6/2021) pagi di Gedung HM. Sarbini, TRW, Cibubur, Jakarta.

Kak Yaniar Ludfi menggantikan Kak Laksda TNI (Purn) Kingkin Suroso, SE, Waka Kwarnas/Kakom Saka, Sako dan Gugusdarma yang mengundurkan diri karena alasan kesehatan.

Khusus kepada permintaan untuk pembentukan Saka-saka baru, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka mengharapkan agar dikaji dengan secermat mungkin. Bila memungkinkan digabungkan dengan Saka yang sudah ada, akan lebih baik.

“Harus dicegah jangan sampai didirikan hanya untuk waktu yang singkat saja. Setelah didirikan dan berjalan beberapa lama, kemudian menjadi pasif dan tidak berkembang itu yang kita tidak harapkan,” ungkap Kak Budi Waseso.

Saka-saka yang sudah ada terus dikembangkan kiprahnya di 34 kwartir daerah dan di kwartir cabang yang ada. Jangan ada Saka yang hanya aktif dibeberapa kwartir daerah dan cabang saja, sehingga menyulitkan bagi adik-adik kita, khususnya para Pramuka Penegak dan Pandega, yang ingin ikut kegiatan suatu Saka, tetapi kepengurusan Saka tersebut ternyata tidak ada atau tidak aktif, katanya.

Termasuk pembinaan Sako dan Gugusdarma Pramuka lanjut Kakwarnas,  diharapkan agar Sako dan Gugusdarma pun tersebar dibanyak tempat, tentunya sesuai dengan keperluan di daerah bersangkutan, dan tidak perlu dipaksakan kehadirannya, sehingga yang sudah ada dapat terus dikembangkan dan bukan hanya berdiri namun kemudian menjadi tidak aktif lagi.

Kak Budi Waseso percaya dengan pengalaman Kak Ludfi di kedinasan, maka pengembangan Saka, Sako, dan Gugusdarma, akan menjadi lebih baik lagi.

Ketua Kwarnas, Kak Budi Waseso mengucapkan terima kasih kepada kak Kinkin yg telah bersama-sama dengan kami dalam pengurusan periode ini selama sekitar satu setengah tahun. Walaupun belum terlalu lama, kehadiran kak Kinkin telah membantu banyak hal, khususnya dalam pengembangan Satuan Karya, Satuan Komunitas, dan Gugusdarma Gerakan Pramuka.

Ikut hadir dalam acara pelantikan itu Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Mayjen TNI (Purn) Mayjen TNI Dr. Bachtiar S.IP., M.A.P,  para Waka Kwarnas, seperti Kak Dr. Chairul Huda, Kak Berthold DH. Sinaulan, Kak Supriyadi, Hasto, Kak Mangkubumi, para Andalan Nasional dan staf Kwarnas.

Teks: Saiko Damai
Foto: Siswanto

Share and Enjoy !