WhatsApp-Image-2021-08-09-at-12.19.09-2

JAKARTA – Setiap hari jutaan orang membutuhkan transfusi darah demi bisa bertahan hidup. Sayang stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) selalu kurang terlebih di masa pandemi ini.

Oleh karena itu kegiatan donor darah menjadi amat penting demi bisa menolong sesama manusia dan bermanfaat bagi kesehatan sendiri.

Untuk meringankan beban masyarakat yang membutuhkan donor darah, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso mengajak seluruh jajaran kwartir Gerakan Pramuka di Indonesia untuk menggelar kegiatan donor darah secara serentak.

Ajakan itu dituangkan dalam surat Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor: 183-00-B perihal Edaran I Perinqatan Hari Pramuka ke-60 tahun 2021, tertanggal 13 Juli 2021, bahwa dalam rangka Peringatan Hari Pramuka ke-60 dan meramaikan Bulan Bakti Pramuka, Kwarnas menghimbau Kwartir Daerah seluruh Indobesia, Pinpinan Satuan Karya Pramuka dan Satuan Komunitas Pramuka Tingkat Nasional untuk menggelar kegiatan Donor Darah di wilayahnya masing-masing.

Ditingkat Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, hari ini, Senin (9/8/2021) pagi menggelar Donor Darah bertempat di Lantai 3, Gedung Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Jln. Medan Merdeka Timur 6, Jakarta Pusat.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 200 kantong darah telah disiapkan PMI Cabang Jakarta dan 200 kantong itu berhasil terisi 97 kantong Darah dari 121 orang yang terdaftar.

Terkait kegiatan Donor Darah ini Panitia Bakti mengundang calon pendonor dari karyawan yang berasal dari kantor-kantor yang berada di lingkungan kantor Kwarnas, seperti Garnisun dan kostrad, KNKT, Karyawan di lingkungan Kwarnas Gerakan Pramuka,  Anggota Gerakan Pramuka utusan gugus depan yang berpakalan di SMA dan SMK Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jakarta Pusat.

Disamping itu, Kwarnas Gerakan Pramuka mengajak penyintas covid-19 untuk melakukanl Donor Darah dan Plasma Konvalesen yang saat pandemi ini sangat dibutuhkan ujar kak Saul Saleky, Andalan Nasional/Komisi Pengabdian Masyarakat.

“melalui kegiatan donor darah dan donor plasma, anggota Gerakan Pramuka dapat menjadi motivator kesadaran kepedulian terhadap sesama sebagai bagian dari masyarakat dan untuk masyarakat”, ungkap Ketua Bidang Bakti Masyarakat, Dr. Saul RJ Saleky, SE. M.Si.

Bersamaan dengan kegiatan Donor Darah yang digelar di Kantor Kwarnas Gerakan Pramuka, sejumlah anggota Gerakan Pramuka penyintas covid-19 menuju ke PMI Cabang Jakarta Pusat untuk mengikuti mendonorkan Plasna Komvalasen.
*
*
*

Teks : Saiko Damai
Foto : Saiko Damai & Haerudin














Share and Enjoy !