WhatsApp Image 2021-08-14 at 22.10.09

JAKARTA – Dinamika terjadinya pasang surut dalam perjalananya Gerakan Pramuka bisa saja terjadi, tetapi kondisi itu tidak mengurangi tekad untuk terus mendidik kaum muda menjadi manusia-manusia yang berguna bagi dirinya sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara, serta bermanfaat pula untuk dapat membantu terciptanya dunia yang lebih baik.

Demikian disampaikan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso dalam laporan kepada Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, Joko Widodo pada Upacara Hari Pramuka Tingkat Nasional Tahun 2021 secara daring, Sabtu (14/8/2021) pagi.

“Itulah sebabnya Tema Hari Pramuka dan peringatan 60 Tahun Gerakan Pramuka adalah “Pramuka berbakti tanpa henti dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional”, ucap Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka.

Artinya ujar Kak Budi Waseso mengajak segenap anggota Gerakan Pramuka untuk terus mengabdi kepada bangsa dan negara  dengan slogan “Pramuka Berbakti Tanpa Henti”.

Merespon arahan Presiden Jokowi pada Hari Pramuka ke 60 Tahun 2021 bahwa Pramuka harus menjadi pelopor kedisiplinan terutama disiplin dalam menjalankan Protokol Kesehatan, disiplin memakai Masker, menjaga jarak, disiplin mencuci tangan tiap saat dan disiplin untuk menghindari kerumanan, Ketua Kwarnas menyebutkan telah membentuk Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 maupun satuan-satuan sejenis di tingkat Kwartir Daerah, Cabang, sampai dengan Ranting.

Berbagai upaya dalam rangka untuk membantu menanggulangi pandemi Covid-19 telah lakukan, mulai dari lingkungan Gerakan Pramuka itu sendiri, antara lain menerapkan protokol kesehatan dengan ketat di setiap kegiatan, seperti melakukan test swab antigen sebelum melaksanakan acara kepramukaan, dan menggerakkan 11.000 personil sebagai Duta Perubahan Perilaku, terang kak Budi Waseso.

Kak Budi Waseso mengatakan bahwa peran dari Duta Perubahan Perilaku yang dijaring dari anggota Gerakan Pramuka itu untuk mensosialisasikan agar masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan.

Sebanyak 2.500 personil Relawan Pramuka juga ikut membantu menyiapkan dan mendistribusikan alat pelindung diri, membantu penyemprotan desinfektan, melaksanakan vaksinasi bagi lebih dari 1 juta  anggota Gerakan Pramuka, dan ikut pula mendonorkan darah termasuk plasma konvalesen, kata Kak Budi Waseso

Pada upacara Hari Pramuka ke-60 Tahun 2021 yang secara luring berlangsung di Gedung Pandansari, TRW, Cibubur, Jakarta, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menganugerahkan tanda penghargaan kepada mereka yang berjasa dalam pembinaan Gerakan Pramuka.

Tanda penghargaan Gerakan Pramuka itu dianugerakan kepada
1. Kak Samirin M, M.Pd    Pembina Gugus Depan Jakarta Utara, DKI Jakarta, Lencana Melati
2. Kak Imas Supriyati, S.Pd, M.Pd, LT,  Pelatih Pembina Pramuka Kwarcab Gianyar, Bali, Lencana Darma Bakti
3. Kak Dr. H. Mochammad Ridwan Kamil, ST, MUD, Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat, Lencana Karya Bakti
4. Kak Dicky Syarif Hidayat, A.Md. Kep, Ketua DKC Kwarcab Gerakan Pramuka Banyumas, Jawa Tengah, Lencana Pramuka Teladan
5. Kak Melinda Eka Putri Irawan  Anggota DKD Kwarda Gerakan Pramuka Jambi, Lencana pramuka Teladan
6. Kak Agus Salim, S.Pd  Anggota Dewan Racana UIN Raden Patah, Palembang, Sumatera Selatan, Lencana Pramuka Teladan.
*
*
*

Teks : Saiko Damai
Foto : Siswanto

Share and Enjoy !