WhatsApp Image 2021-08-29 at 13.52.43

MANADO – Kepedulian terhadap sesama ditengah pandemi Covid-19 terus menjadi perhatian Gerakan Pramuka termasuk di Pramuka Sulawesi Utara. Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Utara hari Jumat (27/08/2021) menggelar Donor Darah sebagai wujud kepedulian Pramuka untuk kemanusiaan. 

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Utara, Kak Vanda Sarundajang yang dalam kesempatan itu juga turut mendonorkan darahnya, bahwa Pramuka Sulut bersama PMI Provinsi Sulut mengadakan aksi kemanusiaan berupa Donor Darah.

“Langkah ini sebagai perwujudan dari Janji Pramuka “Satya dan Darma Pramuka”, yakni menolong sesama hidup”, ucap Kak Vanda

Kami keluarga besar Pramuka Sulut merasa terpanggil untuk menyumbangkan darah bagi masyarakat yang membutuhkan, karena setetes darah akan menjadi sangat penting bagi keselamatan nyawa orang lain,  jelas kak Vanda.

Puteri dari mantan Ketua Mabida Gerakan Pramuka Sulut/Gubernur Sulawesi Utara, Dr. S.H Sarundajang ini juga memberikan apresiasi kepada Anggota Pramuka dan pihak-pihak yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan donor darah.

“saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada kakak-kakak dan adik-adik yang telah sukarela mendonorkan darahnya. Juga apresiasi dan terima kasih saya sampaikan untuk Kwarcab Gerakan Pramuka Bitung, Kwarcab Minahasa Utara, Kwarcab Tomohon, Kwarcab Minahasa, Kwarcab Boltim serta seluruh Satgas Pramuka Peduli yang sudah ambil bagian dalam kegiatan ini”, ungkap Kak Vanda.

Anggota Komisi X DPR RI ini menyebutkan kegiatan-kegiatan Pramuka Sulut untuk kemanusiaan akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan.

Atas nama Pramuka Sulut, Ketua Kwarda menyanpaikan ucapan terima kasih yang tulus  kepada PMI Sulut Yang sudah memberikan dukungan untuk kegiatan ini.

Sementara itu, Dansatgas Pramuka Peduli Pandemi Covid-19 Kwarda Sulut, AKBP (Purn) Eliasar Sopacoly menyatakan kedepan kegiatan donor darah akan menjadi program rutin dari Satuan Tugas yang dipimpinnya karena melihat betapa penting dan tingginya kebutuhan darah khususnya ditengah pandemi ini.

Ia mengatakan kegiatan donor darah akan menjadi program rutin kami kedepannya dan anggota Gerakan Pramuka akan kami difasilitasi untuk dapat berpartisipasi aktif bersama PMI dalam mendonorkan darah bagi masyarakat.

***

Penulis : Adv Devi Rumajar, SH, Editor: Saiko Damai
Fotografer: Debryanto K. Sampul, S.Sos

Share and Enjoy !