WhatsApp Image 2020-11-11 at 12.33.56

Rabu, (11/11/2020) di Aula Sarbini, Kompleks TRW, Cibubur, Jakarta dilaksanakan acara serah terima jabatan Kepala Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) dari dan kepada Kepala Taman Rekreasi Wiladatika (Widya Mandala Krida Bakti Pramuka) atau TRW Cibubur, Jakarta, yang disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka,  Mayjen TNI (Purn) Bachtiar Utomo, S.IP, M.AP. 

Kak Ermadi, yang sebelumnya Kepala TRW kini menjabat sebagai Kepala Buperta, sedangkan Kak Priyanto Widodo, yang sebelumnya Kepala Buperta kini menjabat sebagai Kepala TRW.

Ikut hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua Kwarnas/Ketua Komisi Kehumasan dan Kominfo, Kak Berthold DH Sinaulan, Wakil Ketua Kwarnas/Ketua Komisi Saka, Sako, dan Gugus Darma, Kak Kingkin Suroso,
Waka Kwarnas/Ketua Komisi Aset dan Usaha, Kak Yulius, para Andalan Nasional dan staf Kwarnas serta unit usaha dil ingkungan Kwarnas.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kak Bachtiar, menyampaikan bahwa situasi pandemi Covid-19 saat ini memang telah menghambat berbagai hal, tidak terkecuali di lingkungan Gerakan Pramuka.

“Namun Pramuka itu pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan dan tetap semangat dalam meraih peluang di masa adaptasi kebiasaan baru atau ”new normal” ini,” ujar Kak Budi Waseso.

Lebih lanjut Ketua Kwarnas menyebutkan keberadaan Buperta dan TRW yang tak jauh dari pusat ibu kota Jakarta dengan berbagai kegiatan dialam terbuka dan kesegaran alam di lingkungan Buperta dan TRW dapat menjadi daya tarik lainnya bagi masyarakat yang ingin menjaga kesehatan jasmani mereka. Baik untuk berolahraga berjalan kaki, berlari, bersepeda, bahkan tersedia pula kegiatan olahraga air, seperti di Danau Situbaru atau di Kolam Renang Tirtateja,

Namun semuanya itu tentu harus tetap menerapkan protokol kesehatan, yaitu sering mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, dan menjaga jarak di keramaian, tegas Kak Budi Waseso.

Kak Kwarnas juga berharap agar jajaran Kwarnas, khususnya yang mengelola aset usaha yang dimiliki Gerakan Pramuka, lebih bersemangat.

“Lahan yang cukup luas di Buperta dan TRW dapat pula dimanfaatkan untuk pengembangan berbagai tanaman yang bermanfaat. Seperti misalnya mengembangkan tanaman-tanaman yang kini banyak diminati masyarakat, yang dalam masa pandemi covid-19. Semuanya itu tentu akan memberikan hasil dan pemasukan yang baik, sehingga dapat membantu pembiayaan pengembangan Buperta dan TRW itu sendiri, maupun membantu kegiatan kepramukaan yang diperlukan,” pungkas Kak Budi Waseso.

Naskah: Saiko Damai

Foto: Siswanto

Share and Enjoy !