WhatsApp Image 2021-04-28 at 11.35.41

ACEH SINGKIL – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Aceh, Kak H. Muzakir Manaf Sabtu (24/4/2021) malam resmi membuka Musabaqah Tunas Ramadhan (MTR) Kwarda Gerakan Pramuka Aceh ke XX tahun 2021di Kawasan Rimo, Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil.

Dihadapan para seluruh peserta  musabaqah utusan dari seluruh jajaran kwartir se-Kwarda Aceh, pria yang populer dengan panggilan Mualem itu menyampaikan bahwa kita semua menyadari peran Gerakan Pramuka dalam mendidik generasi masa depan bangsa, sudah sangat dirasakan. Kita bisa melihat kader pemimpin banyak lahir dari kalangan Pramuka.

“Musabaqah ini bukan hanya orientasi pada perebutan hadiah semata, namun lebih dari itu tujuan kita berkumpul di Aceh Singkil ini guna menyambung silaturahmi untuk membina persaudaraan”, ungkap Kak Muzakir Manaf

Dihadapan Pramuka dan masyarakat yang hadir, Mualem juga menyinggung fenomena pendangkalan akidah yang kerab melanda Aceh.

“Kita melihat fenomena pendangkalan akidah yang bisa saja mempengaruhi generasi muda kita. Untuk itu melalui kesempatan ini saya harap kita semua mewaspadai pemahaman-pemahaman asing yang datang ke lingkungan kita” Ucap Mualem

Mualem memgingatkan agar selama kegiatan, semua pihak terus memperhatikan protokol kesehatan.

“Pesan saya kepada anggota Pramuka dan masyarakat yang berhadir agar terus memperhatikan protokol kesehatan saat berkegiatan agar terhindar dari hal yang tidak kita harapkan” Ujarnya.

Pembukaan kegiatan yang akan memberikan reward Umrah kepada anggota Pramuka di Aceh setiap tahunnya itu, ditandai pemukulan bedug oleh Ketua Kwarda Aceh. Kegiatan akan berlangsung selama 24 – 28 April 2021 di Kawasan Rimo, Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil.

Turut hadir pada acara pembukaan Ketua Kwarda Aceh Muzakir Manaf, beserta jajarannya, Bupati Aceh Singkil Dulmusrid bersama jajarannya, Para Wakil Bupati yang menjadi Pimpinan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka di Kabupaten/Kota yang dipimpinya beserta anggota Pramuka yang menjadi peserta musabaqah

Selama kegiatan anggota Pramuka di Aceh akan menguji kecakapannya bidang Tilawatil Quran, Tahfiz Quran, Khatil Qur’an, Syarhil Quran, dan Fahmil Qur’an. (SD)

Sumber tulisan dan foto: Kiriman dari Zhafir Fahmi (Kwarda Aceh)

Share and Enjoy !