WhatsApp-Image-2021-08-17-at-17.24.08

JAKARTA – Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso menyampaikan Tema Hari Ulang Tahun ke-76 RI, yaitu Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,  mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Tema tersebut tambah Ketua Kwartir Nasional, Kak Budi Waseso yaitu  semangat yang sama dan sebangun dengan sikap dan perilaku seorang Pramuka, yang dididik untuk menjadi tangguh, mempunyai semangat pantang menyerah, untuk bersama-sama maju ke depan, menuju masa depan yang lebih baik.

Pramuka dididik untuk tangguh dan mempunyai semangat pantang menyerah itu disampaikan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dalam sambutan yang dibacakan oleh Waka Kwarnas/Ketua Komisi Saka, Sako dan Gugus Darma,  Kak Mayjen TNI (Purn) Yuniar Ludfi pada upacara memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-76 Tahun 2021 di lapangan Gajah Mada, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, Selasa (17/8/2021).

Kak Budi Waseso menuturkan sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo pada Hari Pramuka ke-60, bahwa Pramuka Indonesia harus menjadi contoh, menjadi teladan, tangguh menghadapi setiap tantangan, menggalang kepedulian kepada sesama, bersedia berkorban, suka menolong, membantu meringankan beban keluarga, saudara dan tetangga tentu sejalan dengan tema Hari Pramuka ke-60 tahun 2021 “Pramuka Berbakti Tanpa Henti”.

Presiden selaku Ketua Mabinas Gerakan Pramuka berharap Pramuka terus berbakti tanpa henti dengan menjadi pelopor kedisiplinan, termasuk mematuhi protokol kesehatan, dan berada di barisan terdepan dalam melindungi diri, keluarga dan masyarakat.

Selain itu Presiden  juga berharap agar seluruh anggota Pramuka untuk giat belajar, kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi setinggi-tungginya, selalu adaptif mengejar kemajuan teknologi, mengikuti perkembangan zaman dengan cepat, fleksibel dan harus cerdik serta jangan pernah lupa dengan identitas bangsa, membangun karakter kebangsaan yang kokoh, mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang sejati, menjaga NKRI dengan merawat Kebinekaan.

“Saatnya meneruskan perjuangan dengan mengisi Kemerdekaan negeri kita dengan berbagai aktivitas yang membangun semangat anak bangsa, agar sesuai dengan harapan Ka Mabinas, ajak Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka.

Kak Budi Waseso menghimbau untuk tetap semangat, tetap berjuang karena dengan perjuangan bersama kita dapat menanggulangi pandemi Covid-19, membangun Bangsa dan Negara menuju hari depan yang lebih baik, bahagia, dan sejahtera untuk seluruh rakyat Indonesia.

“Selamat memperingati 76 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, semoga tekad dan semangat untuk terus mengabdi tanpa henti senantiasa memperoleh ridho Alloh swt dan mendapatkan bimbingan dan perlindunganNya”, pungkas kak Budi Waseso

Upacara Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-76 Tahun 2021 di lingkungan Kwarnas digelar di Lapangan Gajah Mada, TRW, Cibubur, Jakarta. Bertindah sebagai Pembina Upacara Wakil Ketua Kwarnas/Ketua Komisi Saka, Sako dan Gugus Darma, Kak Mayjen TNI (Purn) Yuniar Ludfi, Pemimpin upacara Ketua DKN, Kak Fatkhul Manan, dan yang bertugas membacakan teks Proklamasi, Kak Rahmad Junizar,  Andalan Nasional Komisi Aset dan Usaha

Upacara dihadiri oleh Andalan Nasional, Kapusinfonas, Kapuslitbangnas, Kepala Unit usaha Apiari dan Buperta, DKN dan perwakilan staf Kwarnas, serta Staf Unit-unit Usaha dilingkungan Kwarnas. Pelaksanaannya menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat dengan mewajibkan seluruh memakai masker, jaga jarak dan tentunya harus Swab Antigen.

***

Penulis: Indahsetyo, Editor: Saiko Damai
Fotografer: Yudhi Wahyudi

Share and Enjoy !