WhatsApp Image 2020-11-28 at 16.59.18

Komandan Satuan Tugas Pramuka Peduli Penanggulangan Covid-19 Kwarnas, Kak Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar, S.IP, M.AP memberikan pembekalan kepada Pramuka Penegak dan Pandega dari 5 Kwartir Cabang (Kwarcab) se-Kwarda Daerah Istimewa Yogyakarta, yakni Kwarcab Bantul, Gunung Kidul, Sleman, Kulonprogo, Kota Yogyakarta, dan anggota Pramuka Peduli Kwarda DI Yogyakarta.

Kak Bachtiar dalam paparannya mengatakan bahwa fokus kegiatan Satgas Covid-19 Kwarnas adalah pengadaan dan distribusi APD, kampanye gerakan kedisiplinan dan kepedulian nasional melalui ketahanan pangan dan kewirausahaan Pramuka, pengembangan kemitraan dan kerjasama dengan berbagai pihak, serta dokumentasi dan publikasi media secara luas.

“Melalui Gerakan Perubahan Perilaku yang digagas Satgas Covid-19 nasional dan BNPB, anggota Gerakan Pramuka harus menjadi “motor penggerak” dan suri tauladan bagi sekitarnya,” ujar Kak Bachtiar.

“Jangan tertular dan jangan menularkan. Sembuhkan yang sakit, lindungi yang sehat,” pesan Kak Bachtiar.

Hadir dalam sesi ini Ketua Kwartir Daerah Yogyakarta sekaligus Waka Kwarnas/Ketua Komisi Pengabdian Masyarakat Kwarnas dan juga Wakil Komandan 1 Satgas Covid-19 Kwarnas yakni Kak GKR Mangkubumi.

Selain itu juga ada Waka Kwarda DI Yogyakarta bidang Abdimas, Penanggulangan Bencana, dan Lingkungan Hidup Kak Drs. Krido Suprayitno, S.E., M.Si. Hadir pula sejumlah andalan nasional dan andalan daerah DI Yogyakarta.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Semua peserta wajib pakai masker, cuci tangan dengan sabun, diukur suhu badan, dan melakukan rapid test sebelum masuk ruangan. Di dalam ruangan peserta pun duduk dengan jarak antar masing-masing 2 meter.


Foto: Kak Siswanto

Share and Enjoy !