Cibubur, Jakarta-Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Pramuka Tahun 2020 berlangsung 19-21 Februari 2020. Rakernas yang dibuka oleh Menpora (19/02/2020) ini ditutup tadi siang (21/02/20) oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka.

Rakernas kali ini adalah Rakernas kedua di bawah kepengurusan Ketua Kwarnas Kak Budi Waseso, yang masa bakti 2018-2023. Ada 34 provinsi mengirimkan pimpinan Gerakan Pramuka ke Rakernas. Berkumpul untuk mereview yang telah, sedang, dan akan dikerjakan. Hal itu untuk peningkatan kualitas organisasi dan jajarannya.

Setelah rapat komisi kemarin dan dirumuskan. Maka tadi pagi hasil tim perumus dikemukakan oleh Kak Selvia Irianti (DKN), anggota Tim Perumus Rakernas 2020. Selain Kak Selvia, Kak Paulus Tjakrawan (Ka Puslitbangnas), Kak Hermanto (Kwarda Aceh), Kak Sunyoto Hadi Prayitno (Kwarda Jawa Timur), Kak Ranti Ucreza (DKD Bengkulu) dan Andalan Nasional: Kak Saul Saleky, Kak Agus Ridhaallah, Kak Adi Pamungkas, Kak Parulian Siagian, Kak Rully Lasahido. Rapat pleno pada hari terakhir; pembahasan hasil tim perumus, dipimpin oleh Kak Budi Waseso.

Menurut Ka Kwarnas, dalam membina generasi muda, sangat besar tantangannya. Sebab itu kita harus mempunyai rencana dan program kerja yang tepat, demi mewujudkan kader bangsa yang tangguh, memiliki patriotisme dan siap menolong serta berbakti kepada keluarga, masyarakat, bangsa, dan negaranya.

“Jadikanlah Gerakan Pramuka sebagai motor penggerak kemajuan bangsa dan pencegah terjadinya hal-hal yang menurunkan derajat bangsa seperti korupsi, tindakan kekerasan, tindakan amoral, pelanggaran HAM, intoleransi, dan sebagainya,” kata Kak Budi Waseso.

“Dalam kesempatan ini saya ingin sampaikan bahwa sebenarnya banyak sumberdaya masyarakat yang dapat dimanfaatkan oleh Gerakan Pramuka tetapi belum termobilisasi secara baik dan terencana. Untuk itulah, perlu juga digali keberadaan sumberdaya tersebut yang dapat disinergikan dengan Gerakan Pramuka.”

Salah satu poin penting dari Rakernas yaitu: penyelesaian RUU Perubahan terhadap Undang-Undang No.12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Semoga apa yang direncanakan setahun ke depan dapat terealisasi dengan baik.

Untuk peserta didik, siap-siaplah untuk kegiatan ini.
1. Perkemahanan Bela Negara di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 22-27 Juni 2020
2. Jogja International Scout Camp di Yogyakarta 5-11 Juli 2020
3. Perkemahan Wirakarya Nasional di Jambi, 24 Oktober-4 November 2020
4. Perkemahan Antar (Peran) Saka Nasional di Bangka Belitung 3-7 Desember 2020
5. Pertemuan Pramuka Berkebutuhan Khusus Tingkat Nasional, September 2020

Kemudian tahun 2021 ada Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara (Pertikara) Nasional di Sibolangit, Sumatera Utara dan Jambore Nasional. Untuk Jambore Nasional ini salah satu persyaratannya adalah pinru dan wapinru harus Pramuka Penggalang Garuda. Jadi persiapkan diri dari sekarang.

Share and Enjoy !