WhatsApp-Image-2021-06-11-at-2.56.57-PM

BANDUNG – Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka/Ketua Komisi Binamuda, Kak Supriyadi, Kamis (3/6/2021) melakukan kunjungan kerja ke Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat di Bandung. Kunjungan kerja ini dimaksudkan untuk melakukan
koodinasi kepada Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat.

Ikut hadir dalam pertemuan koordinasi yang berlangsung Grand Hotel Preanger, Bandung, pihak Kwartir Nasional selain Kak Supriyadi adalah Kak Fatkhul Manan, Ketua Dewan Kerja Nasional dan kak Harianto, Staf Kwarnas. Sementara dari Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat hadir Kak Hj. Atalia Raratya, Ka Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat, Kak Deni Nurdyana Hadimin, Ketua Harian Kwarda Jawa Barat, Kak Taufik Hidayat, Ketua/ Kakom Binamuda, Kak Daud Achmad, Kakom Sarana, Prasarana, Aset dan Kewirausah, Kak H.M. Syachrul Koswara, Kakom Mensprit dan Bela Negara, dan Kak Fajar, Sekretaris Kwarda.

Dalam koordinasi itu, Waka Kwarnas/Kakom Binamuda, Kak Supriyadi menyebutkan bahwa Jambore Nasional Gerakan Pramuka yang akan berlangsung tahun 2022 mendatang itu diharapkan Jawa Barat sebagai penyangga wilayah DKI Jakarta dapat berperan besar pada pertemuan akbar Pramuka Penggalang Tingkat Nasional.

Apalagi pelaksanaannya nanti masih dalam suasana New Normal pandemi covid-19 yang kemungkinannya belum berakhir, ujar Kak Supriyadi.

Kak Supriyadi mengatakan Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur yang lahannya lebih kurang 200 hektaran, sudah tidak menjadi tempat yang ideal sebagai Main Camp/tempat berkemah bagi 25.000 peserta di masa new normal pandemi covid-19.

Oleh karena itu ujar kak Supriyadi, untuk meretas jumlah peserta yang besar diperlukan beberapa sub camp kegiatan di beberapa daerah penyangga DKI Jakarta.

Cibodas, Jawa Barat misalnya, diharapkan menjadi salah satu sub camp kegiatan Jamnas yang insyaAllah mampu menanmpung antara 500 hingga 1000 peserta untuk  melakukan kegiatan beberapa hari, terang Waka Kwarnas/Kakom Binamuda, Kak Supriyadi.

Menanggapi arahan Kwarnas, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat, Kak Hj. Atalia Raratya sangat mendukung dan mengapresiasi Kwarnas menempatkan beberapa Sub Camp  Jamnas 2022 di wilayah Jawa Barat.

Selain Cibodas, Kwarda Jawa Barat mengusulkan salah satu Sub Camp Jamnas 2022  di Bumi Perkemahan Pramuka Kiara Payung yang kesiapan fasilitasnya cukup memadai tinggal perlu perbaikan sedikit saja.

Intinya Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat menyatakan kesiapan dan mendukung jika sudah ditetapkan sebagai Sub Camp Jamnas 2022 dibeberpa tempat di wilayah Jawa Barat. Terkait dengan itu mohon Kwartir Nasional untuk segera menetapkan lokasi yang akan dijadikan sub camp, agar ada waktu untuk perbaikan karena terkait pengajuan anggaran ke APBD.

Teks: Saiko Damai
Foto: Hariyanto, Staf Binamuda Kwarnas

Share and Enjoy !