Mengusung tema “Pandemi Corona, Pramuka Bisa Apa?” Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) menyelenggarakan peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia (HBPI) tahun 2020, pada Sabtu (11/04/2020).

Mengingat situasi yang sedang terjadi, rangkaian acara peringatan HBPI tahun ini harus dilakukan secara online.

Acara dimulai dengan prakata dari Ketua Kwarda DIY, ulasan tentang Hari Bapak Pramuka, renungan, dan diakhiri diskusi kemudian ditutup.

Agenda ini menggunakan media Instagram @kwarda_diy mulai pukul 19.30 sampai dengan 21.00 WIB dengan melibatkan peserta untuk bisa ikut aktif melalui rumah masing-masing sebagai bentuk dukungan kampanye #dirumahaja selama masa tanggap COVID-19 ini.

Pada saat pembacaan renungan seluruh yang berpartisipasi menyalakan lilin di tempat masing-masing dan mematikan lampu.

Saat sesi diskusi, peserta bisa menyampaikan pertanyaan-pertanyaan secara langsung atau bisa melalui fasilitas pesan pribadi yang tentunya berkaitan dengan Hari Bapak Pramuka Indonesia dan kepramukaan di DIY secara umum.

Dalam diskusi juga akan diulas beberapa hal seperti nilai luhur Pramuka dalam bakti masyarakat, Bapak Pramuka yang terlibat langsung dalam Comdeca PW dan pesan luhur dalam kegiatan tersebut, dan Tri Bina Pramuka.

Selain itu juga ada hal terkait krida Saka Bakti Husada, yaitu Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan materi materi Kepramukaan yang implikatif serta Pramuka memberikan keterampilan dan banyak bekal hidup yang berguna tiap saat, bahkan seperti saat pandemi COVID-19.

Artikel ini telah tayang di pramukadiy.or.id dengan judul “Kwarda DIY Selenggarakan Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia Tahun 2020 Secara Online“, https://pramukadiy.or.id/kwarda-diy-selenggarakan-peringatan-hari-bapak-pramuka-indonesia-tahun-2020-secara-online/

Share and Enjoy !