WhatsApp Image 2021-09-01 at 11.24.02

MEDAN – Gubernur selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi mengatakan, Gerakan Pramuka merupakan wadah bagi generasi muda untuk menempah jati dirinya sebagai manusia yang disiplin, ulet, berkarakter dan kokoh.

Menurut Edy Rahmayadi, kehadiran Gerakan Pramuka dapat dirasakan apabila menghayati Satya dan Darma Pramuka serta mengikuti kegiatan-kegiatan Pramuka dengan sungguh-sungguh tentu akan sangat berguna bagi masa depan anak bangsa.

“Ada nilai-nilai jiwa juang, pengorbanan dalam kehidupan kebangsaan dan inilah yang diajarkan dalam Gerakan Pramuka,” ucap Kak Edy Rahmayadi dalam acara Apel Besar Hari Pramuka ke-60 Tingkat Provinsi Sumatera Utara, Selasa (31/8/2021) di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Medan.

Sejak lahirnya Gerakan Pramuka di Indonesia pada tahun 1961, Gerakan Pramuka telah mengambil peran yang sangat besar dalam pembangunan bangsa, terutama pembangunan nilai juang dan karakter anak bangsa, kata Kak Ady Rahmayadi.

Kak Edy Rahmayadi menyebutkan setiap anggota Gerakan Pramuka yang selalu menggunakan kacu/stangan leher merupakan lambang merah putih yang selalu terpatri di dada pada setiap anggota Gerakan Pramuka untuk selalu cinta tanah air.

“Mari kita besarkan Gerakan Pramuka khusunya di Sumatera Utara, sehingga akan menjadi tulang punggung bagi pembinaan generasi muda di Sumatera Utara dan terus lakukan kajian kurikulum agar Pramuka kembali berjaya,” ungkap Kak Edy Rahmayadi.

Dalam acara Apel Besar Hari Pramuka ke-60 yang dihadiri Ketua Kwarda Sumatera Utara, Kak H Nurdin Lubis, Sekretaris Kwarda, Kak Abdul Rajab, Bendahara, Kak Musa Ritonga, Ketua Panitia Hari Pramuka Kak OK Azhari,  juga diikuti secara zoom oleh pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka se-Sumut dan Saka/Sako.

Dalam Apel Besar Hari Pramuka ke-60 itu juga dilakukan penyematan tanda  penghargaan Gerakan Pramuka kepada tokoh Pramuka di Sumatera Utara, antara lain, Gubernur Sumatera Utara, Kak Edy Rahmayadi berupa Lencana Melati yang disematkan oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumut, Kak H Nurdin Lubis SH MM .

Penyerahan tanda penghargaan juga diberikan kepada Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut, Nawal Lubis berupa Lencana Darma Bakti, Wali Kota Medan, Bobby Nasution (Darma Bakti), Bupati Labura Hendrianto Sitorus (Lencana Darma Bakti), Bupati Sergai Darma Wijaya (Pancawarsa IV), Rektor USU Dr Murianto Amin (Pancawarsa III) Rektor UIN Sumut Prof Dr Syahrin Harahap (Pancawarsa III), Rektor Unimed, Syamsul Gultom (Pancawarsa III) dan Kadispora Sumut Ardan Noor (Pancawarsa III).

***

Penulis: Sugiatmo, Editor: Saiko Damai
Fotografer: Selamet Untung Suropati

Share and Enjoy !