WhatsApp Image 2021-10-06 at 07.30.43

PRAMUKA.ID – Dewan Kerja Cabang Kwarcab Gerakan Pramuka Rembang  menyelenggarakan Kegiatan Kursus Pengelolaan Dewan Kerja (KPDK), pada tanggal 26 September – 4 Oktober 2021. Kegiatan yang diikuti 70 orang peserta utusan Dewan Kerja Ranting yang ada di Kwartir Cabang Rembang itu dilaksanakan secara virtual.

Ketua Sangga Kerja KPDK, Kak Rizka Aulia Ramdani  mengatakan KPDK yang dilaksanakan lima hari, yaitu tanggal 26 September, 1, 2, 3 dan 4 Oktober 2021 itu dilaksanakan dalam rangka membekali Dewan Kerja Ranting agar lebih maksimal dalam memahami tupoksinya sebagai dewan kerja.

Ia menambahkan bahwa materi yang disampaikan pada hari pertama yaitu materi kepemimpinan yang disampaikan oleh Waka Kwarcab Gerakan Pramuka Rembang Bidang Binamuda, Kak Mutaqin.

Sementara hari kedua adalah materi Fundamental Gerakan Pramuka yang disampaikan oleh Pelatih Kwarcab Rembang dilanjutkan dengan penyampaian materi Kedewankerjaan oleh Dewan Kerja Nasional (DKN), tutur Kak Rizka.

Kak Rizka menyebutkan bahwa KPDK mengusung tema “Bangkit Bersama, Dewan Kerja Aktif, Inovatif, dan Berkualitas.

“Kemampuan mengelola Dewan Kerja harus pula dilengkapi dengan kemampuan yang aktif, inovatif, dan berkualitas untuk mengasah keterampilan mulai dari manajerial hingga administrasi yang berkaitan”, ucapnya.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Rembang melalui Sekretaris Kwarcab Rembang, Kak Imron, M. Pd mengapresiasi pelaksanaan KPDK ini, mengingat kegiatan ini sebagai upaya penguatan Dewan Kerja Ranting dalam pengelolaan dewan kerja.

Menurut kak Imron dewan kerja adalah mitra dan menjadi tangan kanan kwartir dalam mengaplikasikan agenda dan kegiatan kepada Pramuka Penegak dan Pandega.

“Kegiatan ini adalah kegiatan yang menitikberatkan pada kemampuan adik-adik DKR dalam mengelola Dewan Kerja Ranting, sebab dengan kemampuan yang aktif, inovtif, dan berkualitas maka dewan kerja akan semakin berkembang, maju dan berprestasi,” harap kak Imron.

***

Penulis: Hardi
Foto: Humas DKC Rembang

Share and Enjoy !