DSC_0292

Dalam rangkaian acara pelantikan pengurus Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta masa bakti 2020-2025 pada Sabtu (28/11/2020) pagi di Kompleks Perkantoran Pemerintah Daerah DI Yogyakarta, Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar Utomo, S.IP, M.AP, selaku Komandan Satuan Tugas Pramuka Peduli Penanggulangan Covid-19, menyerahkan bantuan paket Alat Pelindung Diri (APD) kepada Kwarda DI Yogyakarta.

Bantuan yang diserahkan berupa 30.000 pcs masker, 50 pcs baju hazmat, 250 pcs faceshiled, 6 buah termogan, serta 250 botol madu pramuka.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Kak Bachtiar kepada Ketua Kwarda Gerakan Pramuka DI Yogyakarta Kak GKR Mangkubumi.

Usai penyerahan bantuan, Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional membacakan sambutan tertulis Ka Kwarnas. Dalam sambutan tersebut Kak Budi Waseso berpesan bahwa seluruh pengurus dan anggota Gerakan Pramuka harus tetap semangat meski berada dalam suasasa pandemi Covid-19.

“Sebagaimana juga dengan pendidikan formal yang saat ini terkendala oleh pandemi Covid-19, pendidikan nonformal yang dilakukan Gerakan Pramuka juga merasakan dampaknya. Namun hal itu tak boleh membuat kita putus asa dan menyerah. Banyak kegiatan yang masih dapat dilaksanakan. Baik kegiatan daring, maupun kegiatan luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Ka Kwarnas.

Ditambahkan Ka Kwarnas, selain pandemi Covid-19, menjelang akhir tahun ini, seperti diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, terjadi musim pancaroba yang akan berlangsung sampai sekitar Maret 2021, fenomena alam seperti La Nina dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung, dan sebagainya.

“Oleh karena itu, para Pramuka, terutama yang tergabung sebagai relawan Pramuka Peduli, dapat ikut serta memperhatikan dan menyiagakan diri dalam hal ini. Termasuk menyiagakan diri terhadap kemungkinan adanya erupsi dan guncangan akibat letusan Gunung Merapi yang tak jauh dari pusat kota Yogyakarta,” pungkas Ka Kwarnas.

Share and Enjoy !