WhatsApp Image 2021-08-21 at 06.52.30

BERAU – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Berau gelar kegiatan Donor Darah. Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Pramuka ke-60, dan Bulan Bakti Pramuka digelar Kamis (19/8/2021).

Kegiatan dilaksanakan di Aula Kwarcab Berau dengan melibatkan Majelis Pembimbing Cabang, Andalan Cabang, Andalan Ranting, Dewan Kerja Cabang dan Masyarakat.

Berdasarkan informasi yang di sampaikan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) tercatat ada 30 orang Kakak-kakak yang mendaftarkan sebagai calon pendonor, namun yang lolos skrining ternyata ada 21 orang dan mendonorkan darahnya, hal ini disebabkan beberapa hal, seperti tekanan darah rendah, kadar HB yang kurang, kurang tidur dan sedang mengkonsumsi obat.

Bupati selaku Ka.Mabicab Gerakan Pramuka Berau, Kak Sri Juniarsih Mas ikut mendonorkan darahnya dan bahkan ini baru untuk yang pertama kalinya.

Kak Sri Juniarsih berharap kedepan dengan MoU yang baru ditandatangani ini, Kwarcab Gerakan Pramuka Berau dengan PMI dapat melakukan kegiatan serupa, agar pemenuhan kebutuhan darah di Kabupaten Berau dapat teratasi.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Berau, Kak Syarifatul Syadiah menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah membantu sukses pelaksanaan kegiatan.

Kakwarcab berharap kedepan melalui Pramuka Peduli Kwarcab Berau yang baru dilantik bisa menyelenggarakan aksi-aksi lainnya, apalagi saat ini di tengah pandemi banyak masyarakat yang terkena dampak dan membutuhkan bantuan.

Pramuka bisa mengambil peran untuk membantu proses vaksinasi, distribusi obat-obatan dan berperan menjadi Duta Perubahan Perilaku dengan memberi teladan, melakukan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat di sekitar lingkungan tempat tinggal dalam pencegahan penularan covid-19, ucapnya.

“Pramuka bisa mengajak dan mengimbau masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan”, pungkas Syarifatul Syadiah.

***

Penulis: Adji Rachmad, Editor: Saiko Damai
Fotografer: Adji Rachmad

Share and Enjoy !