WhatsApp Image 2021-08-28 at 06.35.30

NUNUKAN – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Nunukan menyelenggarakan kegiatan Perkemahan Penggalang Sehat Untuk Negeri (PELANGI), 21-26 Agustus 2021 di Bumi Perkemahan Embung Sei Fatimah, Nunukan, Kalimantan Utara.

Peserta yang berpartisipasi berjumlah 69 orang, 20 orang diantaranya adalah Pembina Pramuka dan 49 Pramuka Penggalang utusan dari SMPN 1 Nunukan, SMPN 2 Nunukan, SMP IT Ibnu Sina Nunukan, SMPN 1 Nunukan Selatan, SMPN 2 Nunukan Selatan. Kemudian SMPN 1 Sebatik Barat, SMPN 2 Sebatik Barat, SMPN 1 Sebatik, SMPN 2 Sebatik, SMP Mutiara Bangsa, MTs. As’adiyah Sungai Nyamuk, SMPN 1 Sebatik Utara, SMPN 1 Seimenggaris dan SMPN 1 Lumbis.    

“Karena masih situasi pandemi Covid-19, pesertanya dibatasi dan pelaksanaanya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujar H. Junaidi, Ketua Panitia Pelaksana Pelangi, Jumat (27/8).

Kak Junaidi menjelaskan, terselenggaranya kegiatan Pelangi dalam rangka membina dan mengembangkan rasa tanggungjawab Pramuka Penggalang terhadap diri sendiri, keluarga dan masyarakat sebagai realisasi Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Seluruh peserta diharapkan dapat menjadi pelopor penerapan protokol kesehatan di lingkungan keluarga dan masyarakat, terang Kak Junaidi

Langkah-langkah nyata dalam penerapan protokol kesehatan dalam perkemahan ini diawali dengan berkirim surat ke Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nunukan untuk mendapat rekomendasi kegiatan dan pemeriksaan swab antigen bagi seluruh peserta sebelum masuk di bumi perkemahan.


 
“Peserta di swab antigen di daerah asal sebelum keberangkatan, lalu di perkemahan panitia menfasilitasi prokes dengan setiap peserta diberi masker untuk tiga kali pergantian dalam sehari, face shield, hand sanitizer, tumbler, gelas, kotak makan untuk 6 hari berkegiatan, dan sebelum pulang dilakukan swab ulang dan alhamdulillah, hasilnya negatif,” jelas Junaidi.
 
Materi kegiatan Pelangi meliputi acara pembukaan dan penutupan, api unggun, materi prokes dan PBHS, Pramuka Gaul Berintegritas, wawasan kebangsaan, teknik kepramukaan, Penggalang pelopor tertib berlalu lintas, materi kerukunan umat beragama, wisata pendidikan dengan mengunjungi Taman Makam Pahlawan Jaya Sakti, Kantor DPRD, Kantor Bupati, Islamic Center Nunukan dan instalasi pengolahan air (IPA) PDAM Nunukan. Kemudian ada lomba literasi digital teknologi, menyanyikan lagu nasional dan Pramuka, raja dan ratu Pelangi serta halang rintang, terang kak Junaidi

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Nunukan, Kak H. Hanafiah mengatakan, kegiatan perkemahan secara rutin akan di gelar setiap tahunnya agar pembinaan berkelanjutan dapat dilakukan terhadap adik-adik anggota Gerakan Pramuka.

Dimasa kepemimpinan sebagai Ketua Kwarcab, ia ingin memberikan kontribusi yang positif dalam rangka membina generasi muda khususnya di dalam Kepramukaan, janji Kakwarcab Nunukan, Kak H. Hanafiah.

Sebelumnya Bupati selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid menyampaikan apresiasi kepada segenap pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Nunukan atas inisiatif menggelar kegiatan
Perkemahan Penggalang Sehat Untuk Negeri (PELANGI), meskipun masih dalam situasi pandemic Covid – 19.

Bupati Nunukan percaya langkah Kwarcab menggelar kegiatan pastinya telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat

Kita berharap semua aturan dan ketentuan yang ditetapkan dapat dipatuhi dan dilaksanakan secara disiplin dan jangan sampai karena keteledoran kita, Pelangi ini justru menjadi klaster penyebaran Covid-19,” ucap Kamabicab Nunukan Kak Hj. Asmin Laura Hafid saat membuka acara Pelangi, Sabtu (21/8) lalu.

Bagi Bupati perkemahan adalah wadah kegiatan yang sangat baik untuk menempah karakter dan mental Pramuka. Dengan berkemah, para anggota Gerakan Pramuka bisa saling belajar untuk saling bekerjasama, bermusyawarah, memupuk jiwa disiplin dan tanggungjawab. Belajar hidup mandiri serta menumbuhkan jiwa untuk selalu mencintai alam dan lingkungan hidup

***

Penulis: Sabri, Editor: Saiko Damai
Fotografer: Dok Humas Kwarcab

Share and Enjoy !