WhatsApp Image 2021-08-20 at 12.56.46

BERAU – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Berau gelar upacara peringatan Hari Pramuka ke-60 di Gedung Balai Mufakat Tanjung Redeb, Kamis (19/8/2021).
 
Peserta yang hadir sekitar 60 orang yang terdiri dari unsur Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Andalan Cabang, penerima Tanda Penghargaan, Undangan dan petugas upacara, sedangkan peserta yang ikut melalui virtual sekitar 230 peserta yg berasal dari Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega, Pembina dan Andalan dari 13 Kwartir Ranting.

Bupati selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Berau, Kak Sri Juniarsih Mas, bertindak sebagai Pembina Upacara, pemimpin upacara Kak Aulia Pradana S.K penegak dari gugus depan yang berpangkalan di SMAN 6 Berau.

Upacara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan pengucapan Pancasila oleh Kak Haikal F. penegak dari SMA 5 Berau, Pengucap UUD 1945 Kak Henny Adrian R. penegak SMAN 7 Berau, Pengucap Dasa Darma Kak Syarif Najid M.H penggalang dari SMPN 2 Berau dan Pembaca Doa Adinda kita Abdul Fatih siaga dari pangkalan SDIT Ash Shohwah.

Kak Sri Juniarsih Mas mengajak kakak-kakak dan adik-adik  Pramuka dalam Peringatan 60 Tahun Gerakan Pramuka ini untuk terus melakukan kegiatan Pramuka dengan melakukan kreativitas dan inovasi yang disesuaikan dengan suasana pandemi serta selalu mematuhi protokol   kesehatan.  

Salurkan kreativitas kakak-kakak dan adik-adik dengan membuat kegiatan kepramukaan yang tak melanggar protokol  kesehatan, namun tetap dapat diikuti dengan riang gembira, tutur Kak Sri Juniarsih

“Jangan pernah menyerah serta berputus asa melainkan kita tunjukkan bahwa pramuka dapat terus bergiat dan berbakti tanpa henti”, ucap kak Sri Juniarsih.

Pada kesempatan ini Kak Sri Juniarsih menyematkan Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD) kepada Kak Teguh Suhartadi berupa Pancawarsa Utama, yg merupakan salah satu dari 34 penerima TPOD baik itu Darma Bakti, Pancawarsa 3, Pancawarsa 2 dan Pancawarsa 1.

Dalam kesempatan itu, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Berau melakukan penandatanganan Kerjasama (MoU) dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Berau, Dinas Pendidikan Kabupaten Berau, Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, dan Palang Merah Indonesia Kabulaten Berau.

Wujud kerjasama ini, Pramuka Berau siap membantu proses vaksinasi, pengantar obat, pendonor darah dan membantu proses penanggulangan bencana baik pra, pelaksanaan dan pasca bencana.

Kemudian Kwarcab Gerakan Pramuka Berau menyerahkan penghargaan pemenang lomba poster yang di laksanakan Kwarca Berau untuk golongan penegak/pandega.

*** 

Teks: Adji Rachmad, Editor: Saiko Damai
Fotografer:  Erwin Sugandha Putra

Share and Enjoy !