tahura-bukit-soeharto

Bertempat di Ruang Wastu Kencana, Gubuk Udang, Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (18/11) siang, Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Mayjen TNI (Purn) Bachtiar Utomo, S.IP, M.AP menerima rombongan Pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Timur.

Kegiatan tersebut adalah dalam rangka studi banding terkait rencana pembangunan bumi perkemahan di Kalimantan Timur.

Pertemuan dalam rangka studi banding Kwarda Kaltim dan Kwarnas terkait rencana pembangunan bumi perkemahan di Kalimantan Timur. (Foto: Siswanto)

Kak Wahyudi Manaff (Andalan Daerah Kaltim Komisi Aset dan Usaha sekaligus Andalan Nasional Komisi Kerjasama Dalam Negeri) menjelaskan, lokasi bumi perkemahan yang akan dibangun terletak di Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit soeharto km 47, Jalan Poros Balikpapan-Samarinda.

“Luas area bumi perkemahan sekitar 479 hektar, dan ini dua kali lebih luas dari Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta,” ujar Kak Manaff.

Lebih lanjut Kak Wahyudi menambahkan bahwa lokasi bumi perkemahan yang akan dibangun dan telah mendapatkan persetujuan Gubernur Kalimantan Timur.

“Area ini pernah digunakan tempat penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya (PW) Tingkat Nasional tahun 1987, dengan kegiatan penghijauan setelah sebelumnya terbakar,” pungkas Kak Manaff.

Pertemuan dalam rangka studi banding Kwarda Kaltim dan Kwarnas terkait rencana pembangunan bumi perkemahan di Kalimantan Timur. (Foto: Siswanto)

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen Kwarnas menyatakan dukungan penuh atas rencana Kwarda Kalimantan Timur membangun Bumi Perkemahan berskala besar.

Turut mendampingi Sekjen Kwarnas antara lain Waka Kwarnas/Ketua Komisi Binamuda Kak Supriyadi, Kepala Buperta Kak Ermadi, para Andalan Nasional: Kak Rachmad Yunizar, Kak Dedi Wibowo, dan Kak R. Andi Widjanarko.

Sementara rombongan Kalimantan Timur selain Kak Wahyudi Manaff, hadir antara lain Kak Wahyu Widhi Heranata (Waka Kwarda Bidang Abdimasgana), Kasi Perencanaan Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kalimantan Timur Rahmat Ramadhan, serta perwakilan Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto, dan CV. Mitra Utama.

Pertemuan yang berlangsung selama 90 menit itu dilanjutkan dengan kunjungan lapangan, melihat dari dekat area Buperta Cibubur.

Teks: Saiko Damai
Foto: Saiko dan Siswato

Share and Enjoy !