WhatsApp Image 2021-08-26 at 13.35.42

Sebuah benda bersejarah hadir menyambut peringatan Hari Pramuka dan 60 Tahun Gerakan Pramuka. PT Pos Indonesia ikut merayakan hari penting dalam perjalanan sejarah Gerakan Pramuka tersebut dengan menerbitkan Sampul Peringatan (SP) 60 Tahun Gerakan Pramuka.

Di bagian kiri depan SP tersebut terdapat gambar dua pramuka yang mengenakan masker dan logo 60 Tahun Gerakan Pramuka. Lalu di bagian kanan atas ditempel satu set prangko dengan tema pramuka, dan dibubuhi cap pos bertuliskan “Hari Pramuka ke-60 – Jakarta, 14.08.2021”.

Perancang SP tersebut adalah Kak R. Andi Widjanarko, Andalan Nasional Gerakan Pramuka yang juga menjabat sebagai Sekretaris Komisi Kehumasan dan Informatika Kwartir Nasional. Dicetak dan didistribusikan oleh PT Pos Indonesia dengan kode produksi: 212202. Jumlah cetaknya amat terbatas hanya 500 lembar dan diberi nomor 1 sampai 500 di bagian belakang SP tersebut.

Saat peluncuran SP tersebut pada Malam Apresiasi 60 Tahun Gerakan Pramuka di Yogyakarta, Ketua Kwartir Nasional Kak Budi Waseso antara lain mengatakan, “Sampul Peringatan 60 Tahun Gerakan Pramuka yang diterbitkan PT Pos Indonesia menjadi benda kenangan bersejarah dalam perjalanan Gerakan Pramuka.”

Kehadiran SP tersebut juga disambut hangat oleh para filatelis (kolektor prangko dan benda-benda pos lainnya), terbutki dari cukup banyaknya filatelis yang membeli SP tersebut di Kantor Filateli Jakarta yang terletak di Gedung Pos Indonesia di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

***

Teks & Foto: Kak Be

Share and Enjoy !